RSS

BLACK BOX

18 Mei

Si Orange Yang Lebih Dikenal Dengan Sebutan Black Box

Gambar

Black Box adalah sebuah perangkat dalam pesawat yang berisi sebuah perekam data penerbangan (FDR;Flight Data Recorder ) dan Perekam suara (CVR ).

Uniknya benda ini tidak seperti namanya, warna dari black box adalah Jingga / oranye. Ini bertujuan agal apabila terjadi kecelakaan kotak tersebut akan lebih gampang dikenali / dicari karena warnanya yang mencolok.

Biasanya terdapat dua buah/unit kotak hitama yang ditaruh/diletakkan pada bagian depan pesawat dan bagian belakang / ekor pesawat yang diyakini merupakan tempat / posisi yang lebih aman bila terjadi tabrakan / benturan.

Kotak Hitam / Black Box berfungsi untuk merekam pembicaraan  antara pilot dan ATC (air traffic control / pemandu lalu lintas di udara) Serta dapat juga untuk mengetahui tekanan Udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Gambar

Pada kecelakaan Pesawat terbang , ada kalanya bagian yang terssisaa adalah Black box/ kotak hitam , itupun mungkin hanya bagian yang disebut Crash Survivability Me-mory Unit (CSMU), karena bagian ini baik pada FDR ataupun CVR memang dibuat untuk bertahan,oleh karenanya persyaratan dan pngujian bagian ini nihh harus sangatlah ketat.Beberpa hal harus bisa ditahan oleh CSMU di antaranya Crash Impact yg harus mampu menahan benturan sampai 3.400 G (gaya tarik bumi)  Static Crush mampu menahan beban seberat 5.000 lb (2.500 kg) selama 5 menit pada semua sumbunya. Fire Test mampu bertahan pada suhu 2.0000 F (1.1000C) selama satu jam, mampu bertahan di kedalaman laut, berbagai macam cairan, dan sebagainya.

Di samping itu, Black Box juga dilengkapi dengan Under Water Locator Beacon, untuk dapat diketahui lokasinya apabila tenggelam di laut. Alat ini mampu mengeluarkan sinyal dan kedalaman 14.000 kaki (4.267m).Kalo tidak salah dengar ..bahwa Balck Box akan mengeluarkan sinyal selama 30 hari setelah terjadinya kecelakaan

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 05/18/2012 in newsholic, technoholic

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: