RSS

BMW i Pedelec Concept

23 Jun

Sepeda Lipat Elektrik untuk Transportasi Urban

Dalam ranah kendaraan dua roda, BMW adalah salah satu produsen tertua di dunia. Namun jika biasanya mereka menciptakan sepeda motor touring atau sport yang gahar, kini BMW mencoba beralih ke jalur yang lebih “hijau”. Baru-baru ini mereka mengumumkan sebuah konsep sepeda elektrik untuk penggunaan urban yang bernama BMW i Pedelec Concept.

Sepeda ini diciptakan BMW untuk menjadi pasangan mobil konsep terbaru mereka, BMW i3, yang juga menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya. Oleh sebab itu juga, keduanya memiliki arah desain yang serupa. Namun bukan hanya itu, BMW juga mengatakan bahwa BMW i3 tersebut dapat mengisi baterai Pedelec ketika tersimpan dalam bagasinya.

Konsep Pedelec, atau Pedal Electric Cycle, milik BMW ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sepeda konsep milik Audi yang pernah kami bahas sebelumnya. BMW i Pedelec ini dilengkapi sebuah motor elektrik yang memberikan dorongan tambahan selain dari kayuhan sang pengendara. Sehingga perjalanan ke kantor atau ke tempat meeting menjadi lebih ringan.

Rangka sepeda lipat ini terbuat dari bahan aluminium dan carbon fiber yang ringan tapi kuat. Selain itu, sepeda ini juga dirancang dengan komponen-komponen premium seperti rem cakram di kedua rodanya serta gear dengan 3 kecepatan yang terhubung ke motor elektriknya. Mekanisme lipatnya juga sangat hebat. BMW i Pedelec dapat dilipat menjadi bentuk yang lebih ringkas dalam hitungan detik.

Motor elektrik BMW i Pedelec memiliki sistem manajemen elektronik canggih dan baterai berperforma tinggi. Dalam sekali pengisian baterai – yang memakan waktu kurang lebih satu setengah jam – motor eletrik tersebut dapat menggerakan sepeda sejauh 25 mil atau kurang lebih 40 km sebelum perlu diisi ulang. Karena dikhususkan untuk penggunaan dalam kota, BMW membatasi kecepatan motornya hanya 25 km/jam saja.

Walau masih disebut sebagai konsep, sepeda elektrik ini rencananya akan diluncurkan bulan depan untuk menjadi salah satu sarana transportasi Olimpiade 2012 di London. Tapi jika Anda berminat untuk membeli BMW i Pedelec, sayangnya BMW belum menyebutkan berapa harganya serta tanggal peluncurannya ke publik.

Sumber : http://www.yangcanggih.com/

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 06/23/2012 in ideaholic, newsholic, technoholic

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: