RSS

Windows Phone 8

23 Jun

Kini Mendukung Prosesor Multi-Core

Microsoft secara resmi mengumumkan kehadiran OS mobile terbaru mereka, Windows Phone 8, yang juga disebut Apollo. OS ini akan dapat ditemui pada perangkat-perangkat yang baru akan diluncurkan akhir tahun ini. Sedangkan bagi pengguna perangkat Windows Phone lawas, harus puas dengan jalur upgrade ke Windows Phone 7.8.

Lalu apa saja yang menjadi keunggulan Apollo? Yang pertama berikut sangat memengaruhi kinerja sebuah perangkat: Windows Phone 8 kini mendukung prosesor multi-core. Selain itu dalam hal layar, perangkat-perangkat Apollo nantinya bisa menggunakan resolusi hingga WXGA atau 1280×768 pixel. Sektor memori juga mendapat perhatian, dengan dukungan untuk penggunaan memori eksternal seperti microSD .

Microsoft juga mengumumkan dompet digital yang dinamakan Wallet. Teknologi ini akan memudahkan Anda melakukan berbagai transaksi atau menyimpan kupon dan tiket secara digital, yang dikombinasikan teknologi NFC. Beralih ke navigasi, Nokia Maps nantinya bisa ditemui di semua perangkat Windows Phone 8 karena sudah tertanam di dalam sistem operasinya. Lucu juga kan jika kita menemukan Nokia Maps saat menggunakan smartphone merek Huawei, HTC atau Samsung? Kabar baik, peta ini tetap dapat bekerja saat ponsel tidak terhubung ke Internet sehingga Anda tetap dapat melihat peta atau mendapatkan panduan navigasi di kondisi apa pun.

Sementara peramban IE 10 yang terbaru sudah membawa SmartScreen Filter yang mampu mengenali situs maupun malware berbahaya. Fitur transfer data ekstra cepat menggunakan NFC (Near Field Communication) seperti pada Samsung GALAXY SIII juga dapat ditemukan di perangkat berbasis Apollo.

Lalu bagaimana soal tampilan atau user interface? Layar utama Windows Phone yang dinamakan Live Tiles mendapat sedikit perubahan dengan tiga pilihan ukuran tile atau “ubin” serta warna palet yang lebih banyak. Tidak ada lagi icon panah di samping kanan sehingga Live Tiles dapat ditampilkan memenuhi layar.

Windows Phone 8 Apollo akan mendukung 50 bahasa yang berarti dua kali lebih banyak dari versi sebelumnya. Semua perangkatnya akan menggunakan chip prosesor dari Qualcomm, baik dari pabrikan HTC, Huawei, Nokia maupun Samsung.

Bagi Anda pengguna perangkat Windows Phone 7.5, Microsoft memiliki solusi tersendiri. Bersamaan dengan diumumkannya Windows Phone 8, Microsoft juga mengumumkan kehadiran Windows Phone 7.8 yang merupakan peningkatan dari Windows Phone 7.5. Setidaknya dari hal “rasa” alias antarmuka, Anda akan menemukan kemiripan antara Windows Phone 7.8 dengan Windows Phone 8. Sayangnya, belum banyak yang diketahui mengenai peningkatan apa lagi pada Windows Phone 7.8.

Perangkat berbasis Windows Phone 8 generasi pertama nantinya akan hadir dari vendor yang namanya sudah tidak asing lagi seperti Nokia, Samsung, HTC dan Huawei. Untuk prosesor, semua ponsel Windows Phone 8 tersebut akan ditenagai prosesor buatan Qualcomm.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 06/23/2012 in appsholic, gadgetholic, newsholic, softwareholic

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

One response to “Windows Phone 8

  1. suryadihafid

    07/23/2012 at 8:32 AM

    Reblogged this on suryadihafid.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: