RSS

Malware BackDoor.Wirenet.1

09 Sep

Waspadai Malware Baru Bisa Curi Password Pada Linux Dan Mac OS X

Saatnya Bagi Anda pengguna Mac OS X dan Linux untuk lebih waspada dan berhati-hati. Pasalnya saat ini beredar malware Trojan Backdoor baru yang mampu mencuri password dan input keyboard dari komputer Anda.

Doctor Web, sebuah produsen anti-virus asal Rusia, yang telah menemukan malware baru tersebut. Malware yang diberi nama BackDoor.Wirenet.1 ini mampu mencuri data password pada browser dan aplikasi semacam Thunderbird dan SeaMonkey.

Ketika aktif, malware ini akan menggandakan diri pada direktory home pada komputer. Lalu malware akan menggunakan Anvanced Encription Standard untuk berkomunikasi dengan server kendalinya yang beralamat 212.7.208.65.

Selain mencuri data password, malware ini mampu berfungsi sebagai keyloger. Hal ini berakibat malware mampu menyimpan dan mengirim data input keyboard Anda.

Pengguna Mac mungkin akan sedikit takut karena jarangnya ancaman yang datang pada Mac. Namun ada cara yang cukup mudah untuk antisipasi malware ini.

1. Periksa file yang mencurigakan di folder direktory home Anda. Cari dan hapus semua file bernama WIFIADAPT (Jika tidak menemukan file ini maka komputer Anda aman).

2. Halangi komunikasi dengan alamat 212.7.208.65 pada komputer Anda.

3. Unduh anti-virus Dr. Web untuk Linux atau Mac OS X atau tunggu update yang menyediakan counter-measure malware ini pada anti-virus Anda.

 

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: